MENJAHIT - CHANNEL YOUTUBE FAVORIT

Thursday, January 26, 2017

Awal-awal ketika mulai belajar menjahit secara otodidak, saya mencari referensi sebanyak-banyaknya melalui buku, searching di Google, maupun dari Youtube. Paling sukanya ya liat video di Youtube. Banyak channel sewing-related yang saya subscribe, tapi hanya sedikit yang saya tonton upload-an video terbaru mereka sampe sekarang.

Channel favorit yang saya sangat suka dan tidak pernah ketinggalan nonton setiap yang punya channel upload video baru adalah:

MADEBYAYA  

Sangat suka setiap project jahit yang dibikin oleh Aya. Aya sendiri berasal dari Jepang dan sangat berbakat. Setiap project jahit yang dia kerjakan hasilnya menurut saya perfect dan profesional, dan nggak berasa DIY sama sekali. Aya jahitnya rapi, telaten, dan attention to detail-nya super banget. Tidak susah buat ngikutin tutorialnya dia, karena di videonya sendiri diperlihatkan setiap step-step jahitnya secara rinci. Tidak rumit juga karena kebanyakan baju yang dijahit pattern-nya juga adalah hasil ukur atau trace dari bajunya yang sudah ada, jadi nggak rumit sama sekali. Walaupun tidak ada narasi hanya ada musik tapi disediakan text di videonya, jadi tidak perlu khawatir.


OH, MOTHER MINE DIY!! 

Saya juga suka sama channel ini. Banyak tutorial DIY pakaian bayi lucu, blouse wanita, dan lainnya. Senang sama channel ini karena dikasih pattern gratis. Yes!!! Sayangnya tutorial DIY-nya berbahasa Spanyol. Duh. Tapi tenang aja, step-stepnya masih bisa diikuti kok. Untuk mendapatkan pattern gratisannya, cukup buka description box yang tersedia di bagian bawah setiap video kemudian cari kata 'EL PATRON GRATIS', klik linknya. Nanti bakalan diarahkan ke website www.mymotherminediy.com. Nah kalau sudah sampe disini, lebih enak karena di Google Chrome kita bisa translate konten website-nya ke bahasa yang kita inginkan. Walaupun translate-nya masih ngaco sedikit tapi sebagian besar isi tutorial-nya sudah bisa dimengerti kok dengan hasil translate-an seadanya tersebut. 


COOLIRPA

Video paling populer dan banyak ditonton di channel ini adalah yang titlenya ada kata-kata 'THRIFTED TRANSFORMATION". Subscriber-nya sudah mencapai sekitar satu juta lebih. Jadi yang punya channel ini namanya April suka mengubah baju-baju preloved atau baju-baju yang sudah lama menjadi sesuatu yang baru. Sebenarnya model bajunya tidak ada yang cocok buat saya yang notabene pakai kerudung (ya iyalah!!!), tapi senang dan seru aja melihat proses kreatif April dalam men-transform baju yang before-nya terlihat seperti apa dan after-nya yang betul-betul berubah 180 derajat seperti Power Ranger (Eh?!). Siapa tau dengan nonton video-videonya bisa sedikit terinspirasi mengubah baju-baju lama yang ada di lemari. 


Nah itu dia tadi tiga channel favorit saya yang berhubungan dengan jahit-menjahit. Ini adalah post pertama saya di tahun 2017. Lama banget nggak ngurusin blog ini karena kemarin-kemarin saya sempat feeling under the weather alias nggak enak badan. Semoga kedepannya bisa lebih sering nge-post konten-konten yang bermanfaat. 

Happy Reading. 

You Might Also Like

2 comments

Popular Posts

INSTAGRAM