MEMBUAT SUNDRESS UNTUK ANAK

Wednesday, March 16, 2016

Untuk my first official sewing project, saya berniat membuatkan dress untuk anak perempuan saya. Kenapa saya bilang official karena sebelumnya saya sudah sempat bikin project awal menjahit dengan melakukan permak pada baju-baju lama saya. Baju lama itu saya ubah menjadi baju toddler untuk dipakai oleh anak saya. 

Banyak drama waktu awal menjahit dan pendedel jadi bestfriend banget. Tapi sering juga kegiatan dedel mendedel kadang sedikit bikin jengkel karena saking selalunya salah jahit. Namanya juga penjahit pemula apalagi self taught alias otodidak.

Back to the topic, saya sudah beli kain sebelumnya tapi belum tau mau jahit seperti apa. Kemudian cari-cari tutorial di Youtube dan Pinterest, project apa kira-kira yang mudah untuk pemula. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat sundress karena sepertinya tidak terlalu rumit untuk penjahit pemula. Berikut sumber saya dari Youtube:


Keduanya menyediakan pdf pattern yang bisa didownload secara free. Tetapi karena dasarnya malas nge-print (nggak sih, memang tidak punya printer di rumah. Hehe), jadi saya mengambil ukuran dari baju anak yang ada di lemari dan juga mengukur badan anak langsung. Berguna banget menyimpan measurement chart seperti di bawah ini. Jadi kalau lain kali pengen jahit baju buat anak, tidak perlu repot-repot lagi ngukur, tinggal grab measurement chart ini. Tapiharus teratur update ukurannya karena anak kan cepat sekali tumbuhnya. 
Sumber: Oliverands.com

Kain yang saya gunakan untuk menjahit sundress ini adalah cerutti deluxe georgette. Ini belinya di toko kain Bombay Tekstil di Pontianak. Harganya sekitar 50 ribuan permeter. Nggak tau apa yang hinggap di kepala pada saat itu sampai pakai kain bagus buat belajar menjahit. Jahitnya juga saya tidak bikin pola, main gunting aja. Modal nekat, padahal sebenarnya malas bikin pola. Karena itu tadi tidak bikin pola, jadi kurang maksimal penggunaan kainnya. 

Project ini sebenarnya saya rencanakan selesai satu minggu tetapi molor jadi tiga minggu. Jahitnya angin-anginan jadi lama selesainya, dan ini hasilnya: 
Sedikit senang dengan hasil menjahit kali ini, karena I really took my time alias selow banget sehingga hasil jahitannya agak rapi dikit. 

Happy sewing. 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

INSTAGRAM